Detail Aduan
Rincian Aduan : LGWP82715795
KABUPATEN PATI, 05 Dec 2022
Malam min Kami perwakilan paguyuban BIRO JASA LISTRIK / ( BTL) kami ingin melapor kan..sekitar 1 bln yg lalu saya mengajukan permohonan geser tiang listrik di daerah Kayen lewat jalur resmi masuk pln loket dalam Tp sekitar 2 Minggu sy dpt info dr pln kata nya biaya nya pemindahan tiang sekitara 42 jt Dengan daya segitu bagi sy terlalu mahal... Tp selang 3 Minggu pas sy kebetulan lewat di kaYen Kon ada pln geser tiang yg saya ajukan. Setelah sy cari info kok kata nya harga nya bs 25 jt sedang kan dl sy kok 40 Yg saya tanyakan apakah itu resmi apa tidak Saya hanya ingin bukti no agenda/regestrsi dr pln yg SDH di byr kan Terimakasih mohon bantuan nya
0 Orang Menandai Aduan Ini
Disposisi
Selasa, 06 Desember 2022 - 11:49 WIB
Admin Gubernuran
Verifikasi
Rabu, 07 Desember 2022 - 11:08 WIB
DINAS ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL
laporan diterima
Progress
Kamis, 29 Desember 2022 - 14:22 WIB
DINAS ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL
Menindaklanjuti aduan Saudara, dapat kami sampaikan beberapa hal sebagai berikut :
1. Kami melakukan koordinasi dengan pihak PLN ULP Pati. Pihak PLN ULP Pati menjelaskan sebagai berikut :
a. Pada tanggal 05 Desember 2022 Manager ULP Pati mendapat laporan terkait pengamanan jaringan (PFK)
b. Pihak PLN ULP Pati menyampaikan kronologi laporgub yang pertama yaitu :
• Bahwasannya untuk pekerjaan pengamanan jaringan tersebut resmi dan atas sepengetahuan PLN. Untuk pengajuan permohonan pengamanan jaringan tersebut diajukan oleh bapak "M". Untuk pemilik tanah/rumah sudah memberi kuasa kepada bapak "A". Kemudian bapak "A" memberikan informasi tersebut kepada bapak Margiyanto untuk mengajukan surat permohonan tersebut. Permohonan tersebut diajukan pada tanggal 23 November 2022. Informasi yang disampaikan bapak "M" pelanggan sudah mengajukan ke PLN juga tetapi tidak ada kejelasan tentang biayanya dan sedangkan pekerjaan bangunannya sudah mendekaati jaringan listrik PLN. Kemudian petugas survey bagian Teknik cek lokasi kembali di lapangan dan ketemu dengan istri bapak "AA".
• Setelah survey proses pembuatan RAB sesuai kondisi di lapangan. Untuk biaya pengamanan jaringan sebesar Rp. 44.578.635. PLN Membuatkan surat dan disampaikan ke bapak "M" Kemudian Informasi dari bapak "M" pelanggan merasa keberatan dengan harga tersebut dan menginginkan keringanan. Kemudia PLN memproses Kembali biaya dan menguranginya. Muncullah biaya sebesar Rp. 38.780.774 dan disampaikan Kembali ke bapak "M". Kemudian bapak "M" memberikan informasi Kembali pelanggan masih merasa keberatan dengan biaya tersebut.
• Kemudian PLN menanggapi informasi tersebut dengan mengurangi biaya lagi dengan memperhatikan kondisi dilapangan. Setelah di proses biaya dapat diturunkan Kembali sebesar Rp. 32.009.731. PLN menginformasikan Kembali berupa surat balasan mulai dari proses negoisasi pertama sampai terakir. Kemudian informasi dari bapak "M" pelanggan setuju dengan harga yang terakir sebesar Rp. 32.009.731. Setelah setuju PLN Membuatkan register untuk proses pekerjaan tersebut. Setelah dilakukan pembayaran dan sudah terkonfirmasi PLN menjadwalkan pekerjaan tersebut di tanggal 29 November 2022 yang dikerjakan oleh vendor dari PT "SAP".
3. Pihak PLN ULP Pati menghimbau bahwa pekerjaan tersebut resmi, dan pelanggan sudah diberikan penjelasan lewat telepon. Ingin dijelaskan langsung oleh bagian teknik pelanggan menolak bertemu dan tidak ada kejelasan untuk lokasi rumahnya.
4. Kami berharap kepada pelapor bilamana mengurus masalah listrik disarankan untuk lapor pada PLN Mobile yg dapat didownload pada play store HP agar penanganan/penyelesaian lebih cepat, karena terdapat jejak digital yg dapat dilacak.
Selesai
Kamis, 29 Desember 2022 - 14:23 WIB
DINAS ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL
Berikut informasi yang dapat kami sampaikan
terima kasih