Rincian Aduan : LGWP76087964

Selesai Public

KABUPATEN PATI, 24 Dec 2022

Pak saya punya usaha karyawan 70org bidang usaha online smua, ada cetak resi pakai komputer dan LIVE setiap hari tp dr seminggu ini pemadaman sering terjadi! Smpe berjam2 lamanya . Tolong ditindak lanjuti krn sy merasa dirugikan

0 Orang Menandai Aduan Ini

Disposisi

Sabtu, 24 Desember 2022 - 16:11 WIB

Laporan telah diteruskan ke Kabupaten Pati

Dikembalikan

Rabu, 28 Desember 2022 - 13:15 WIB

Kabupaten Pati

kewenangan PLN

Disposisi

Kamis, 29 Desember 2022 - 08:57 WIB

Admin Gubernuran

Laporan telah diteruskan ke DINAS ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

Verifikasi

Jumat, 30 Desember 2022 - 08:47 WIB

DINAS ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

laporan diterima

Progress

Rabu, 04 Januari 2023 - 07:34 WIB

DINAS ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

Menindaklanjuti aduan Saudara dapat kami sampaikan informasi sebagai berikut :


1. Dari hasil komunikasi dengan Sdri pelapor memiliki usaha di bidang usaha online dengan total karyawan sebanyak 70 orang mulai dari pekerjaan cetak resi menggunakan komputer dan acara LIVE setiap hari, namun sudah 1 minggu sejak tanggal 17-24 Desember 2022 terjadi pemadaman hingga berjam-jam lamanya.


2. Setelah dilakukan konfirmasi dengan pihak PLN ULP Juwana, Pada hari Sabtu tanggal 17 Desember  2022, telah terjadi padam Load Break Switch (LBS) yakni peralatan pemisah-penghubung tegangan listrik di daerah desa Gadingrejo yg menyalurkan listrik sampai daerah pelanggan dikarenakan adanya kawat jaringan tegangan menengah yang putus disebabkan adanya seng kanopi yang tertiup angin kencang mengenai jaringan listrik tersebut di desa Bakaran Kulon. 

Begitu juga halnya pada hari Jum’at tanggal 23 Desember 2022, telah terjadi padam LBS (alat pemisah dan penghubung tegangan listrik) di desa Gadingrejo sebanyak dua kali dikarenakan kondisi angin sangat kencang sebabkan kawat konduktor jaringan listrik tegangan menengah yang terurai menyentuh kawat konduktor sebelahnya.


3. Berdasarkan hasil investigasi dan evaluasi bersama antara PLN Juwana dengan Koordinator Gangguan Juwana, LBS yg sebagai penayalur tegangan listrik yang disalurkan sampai dengan rumah Ibu Diana Fatimah, tidak dilakukan pemadaman secara sepihak, melainkan terjadi padam dikarenakan adanya gangguan kawat konduktor yang putus terkena kanopi dari seng yang tertiup angin kencang dan adanya kawat konduktor yang terurai tertiup angin kencang dan bersentuhan dengan kawat konduktor sebelahnya.

Adapun kronologis kejadian padam di Desa Langgenharjo adalah sebagai berikut :


Hari Sabtu Tanggal 17 Desember 2022 terjadi padam:

1. LBS penyulang Pti 17 di pole Rb1-484 

Jam Trip :  18:44 WIB

Jam Nyala : 20:07 WIB

Penyebab : Konduktor Tegangan Menengah putus terkena kanopi seng yang tertiup angin di desa Bakaran Kulon dengan nomor pole Rb1-442-8B-47-3


Tindak Lanjut : Penyambungan kembali kawat konduktor yang putus dengan material joint sleeve oleh tim petugas Pelayanan dan Kehandalan PLN ULP Juwana.

 

Hari Jum’at Tanggal 23 Desember 2022 terjadi padam :

1. LBS penyulang Pti 17 di pole Rb1-484 

Jam Trip : 12:20  WIB

Jam Nyala : 13:58 WIB

Penyebab : Kawat konduktor jaringan listrik tegangan menengah di desa Genengmulyo yang terurai tertiup angin dan mengenai jaringan listrik sebelahnya di nomor pole listrik Rb1-442-79.


Tindak Lanjut : Pengamanan kawat konduktor yang terurai tersebut oleh tim petugas Pelayanan dan Kehandalan PLN ULP Juwana.


2. LBS penyulang Pti 17 di pole Rb1-484 

Jam Trip : 14:34 WIB

Jam Nyala : 17:47 WIB

Penyebab : Kawat konduktor jaringan listrik tegangan menengah di desa Genengmulyo yang terurai tertiup angin dan mengenai jaringan listrik sebelahnya di nomor pole listrik Rb1-442-79.


Tindak Lanjut : Pengamanan kawat konduktor yang terurai tersebut oleh tim petugas Pelayanan dan Kehandalan PLN ULP Juwana.


Dapat dijelaskan jika pada hari Jum’at, terjadi padam dua kali dengan jeda hampir mendekati dengan waktu penormalan kembali yakni kurang lebih 30 menit karena adanya faktor angin yang kencang pada saat kejadian tersebut.


3. Untuk pelanggan sudah diberikan sosialisasi agar laporan langsung melalui Call Center atau aplikasi PLN Mobile, karena kita tidak bisa menghubungi pelanggan secara real time untuk memberi info gangguan jika tidak ada laporan di aplikasi PLN Mobile. Dan di aplikasi PLN Mobile juga sudah ada notifikasi jika wilayah pelanggan tersebut terjadi padam akibat gangguan jaringan. 


4. Dengan kejadian ini, petugas PLN ULP Juwana  mohon maaf dan selalu berupaya untuk menjaga serta meningkatkan keandalan jaringan PLN. 

Selesai

Rabu, 04 Januari 2023 - 07:34 WIB

DINAS ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

demikian informasi yang dapat kami sampaikan 

terima kasih