Detail Aduan
Rincian Aduan : LGWP54334097
KABUPATEN PATI, 24 May 2019
Saya Failasufah N I, dari kendal, boja, desa meteseh. Nuwun sewu nggih, kula ajeng lapor mengenai pelayanan rsu nurrusyifa atas nama pasien NURIHA MUAYIL JANNAH. (1) saya ditelpon pak karsono (ayah mertua kakak) bahwa mba nuri (kakak ipar) kecelakaan tunggal dan langsung dibawa ke rsu nurrusyifa. *Itu posisi telpon jam set 9 (2) karena menurut mas arif istrinya itu blm ada penanganan sama sekali dari jam 8 dia dimasukkan ke rsu nurrusyifa dan cuma di infus saja padahal mba nuri sama sekali tidak sadarkan diri, mas arif bingung lalu telpon saya sekitar jam 11, mengabari mba nuri blm sadar dan blm ada penanganan. (3) kebetulan keluarga di semarang ada yg bekerja di rs kariadi, dan saya menghubungi orang tersebut untuk menanyakan kirakira kalau dirujuk ke kariadi bisa atau tidak dan jawaban dari pihak kariadi "bisa, langsung dibawa ke igd saja dengan surat rujukan" terus saya mengabari pihak rsu nurrusyifa dan kata perawat di nurussyifa bilang menunggu kabar dari kariadi, okelah saya tunggu kabar 10menit sambil telpo rs kariadi , akhirnya pihak kariadi bilang langsung dibawa saja ke igd, terus saya telpon pihak nurrusyifa lagi ini obrolan saya dengan pegawai nurussyifa perempuan. Saya : ! , Pegawai nurussyifa : ?.... ! : Mbak ini, kakak saya mau dirujuk jam berapa ? Soalnya sudah jam 8 tadi sampai jam 12 ini blm sadar juga *posisi telpon sekitar jam 12 malam,, ? : Kita menunggu dari pihak kariadi mbak. ! : Loh pihak kariadi sudah meng iyakan tinggal mbak bikin surat rujukan aja, ? : Iyaa mbak , lagian kita bisanya merujuk besok pagi, hbs apel pagi jam set 8. ! : Loh yaa ndak bisa dong mbak, itu pasien blm sadar dari jam 8 sampai sekarang kok masih mau nunggu pagi, lagian juga ndakada penanganan sama sekali, cuma di infus saja, ? : Lha ibuknya mau dirujuk jam berapa kirakira, ! : Secepatnya dong mba, itu kaka saya orang bukan batang posisi juga blm sadar sampai sekarang *posisi jam 1. ? : Iya baik bu . *Telpon saya matikan.......saya menunggu 2 jaman kirakira jam 2 kurang saya telpon kakak saya, sudah ada penanganan blm, katanya blm, terus saya telpon pihak nurrusyifa, *ini yg angkat pegawai perempuan lagi.. ! : Mba kok kaka saya blm dirujuk sampai sekarang ? .. ? : Iya bu , ini kita menunggu pihak kariadi,dan kalok rujukan umum harus dari umum juga nggakbisa pakai bpjs ! : *Dalam hati, loh bukannya kariadi sudah meng iyakan.. *telepon saya tutup.... Kakak saya jam 3 telpon saya lagi bilang bahwa mba nuri akan dirujuk ke rs mardirahayu tetapi ditawarkan 1 kamar VIP perhari 3jt itu pihak nurusyifa malah merekomendasikan kesana, terus saya sedikit jengkel ya enggak sedikit tp banyak, saya langsung telpon pihak nurussyifa. *Ini yg angkat pegawai laki-laki,,, ! : Halo mas ini kenapa kok malah dirujuk ke rs kudus ? Apa bedanya dengan merujuk ke kudus sama ke kariadi ? Apa kamu bisa jamin kalok di rsud kudus bisa menangani kaka saya ?... ? : Yaa saya juga blm tahu, tp yg bisa menerima cuma disana soalnya rs ksh,rs i, rs mana lagi full. ! : Loh bukannya di kariadi menerima yaa mas, tinggal pihak nurrusyifa memberikan surat rujukan tp kok susah banget ?.. ? : Di kariadi harus pendaftaran online kan bu rujukannya, lha di kita pendaftaran online blm bisa....! : Loh kok kata embaknya td bisanya merujuk malah jam set 8 pagi setelah apel ?... ? : Loh kita nggak ada apel pagi bu, kita adanya aprodit *kalo nggasalah denger, siapa yg bilang ada apel pagi bu ? .... ! : Loh yg bener aja mas ? Saya ini juga orang kesehatan lho, kok pelayanan nggak baik gini ? Yaa yg bilang td mbaknya lah mas bukan saya, masak saya yg bilang.... hbs itu......? : yg bilang mbaknya yg mana bu ? Dari jam 9 saya yg jaga disini saya yg angkat telpon.. beberapa menit. Dia jawab ini.Iya kita ada apel pagi tapi selesai jam 7, dan citi scan kita juga bisanya pagi.. ! : Loh tadi katanya nggakada apel pagi ? Gimana sih ? Semua keluarga saya telpon yaa mas ke nurusyifa bergantian, dan td yg angkat mbakmbak ,Msok malem yg citi scan gaada dan sama sekali tidak ada penanganan ? Rujukan pun enggak segera dirujuk * posisi saya telpon jam 4an, kirakira kalo di rsud kudus disana komplit nggak mas alatnya ? Sama aja kalo dirujuk kesana tp kalo nggak komplit, ? : Saya juga kurang paham, soalnya saya blm pernah masuk ke ICU sana... ! : Alasan apa lagi ini, banyak banget alasannya, itu kaka saya orang bukan batang yaa mas. Nggakusah banyak alasan lagi *telpon saya matikan hbs itu saya telpon kaka saya memastikan *td apa udah dicarikan rumah sakit ? Semalem ? Kata kaka saya sudah dan di rsud kudus itu katanya juga menyarankan pihak nurrusyifa bahwa tidak apapa dirujuk ke kariadi apabila memang sudah darurat, *telpon mati,,, jam 5 saya dapet kabar bahwa mba nuri dirujuk ke rsud kudus, saya tanya kan mahal mas biayane kata kaka saya enggak dek bisa pake bpjs, tp saya kaget diberitahu kaka saya, katanya suruh bayar 1,5jt padahal itupun tidak sampai pasien disitu 24jam dan juga tidak ada penanganan sama sekali hanya di infus dan juga kamar tidak VIP tp waktu pembayaran tulisannya kamar VIP **yaa alhamdulillah sekarang kaka saya tertangani di rsud kudus pak, sadar jam 11 siang dari jam 8 malam dan ternyata ada pendarahan di otak, itu kejadian tgl 20 mei 2019*, itu kaka saya punya anak usia 2 th coba bayangin pak kalok separah itu tidak ada tindakan sama sekali, emangnya sakit tipes yakan pak/bu cuma di infus saja tidak ditangani Alamat rumah sakit jl.raya kudus - pati KM 10 klaling, jekulo
Disposisi
Jumat, 24 Mei 2019 - 09:10 WIB
Verifikasi
Kamis, 27 Juni 2019 - 08:57 WIB
DINAS KESEHATAN
Selesai
Senin, 01 Juli 2019 - 08:55 WIB
DINAS KESEHATAN