Detail Aduan
Rincian Aduan : LGWP22105825
KABUPATEN CILACAP, 19 May 2025
Selamat Siang Pak Bupati. Sebelumnya saya berterimakasih karena adanya kanal ini yang bisa menampung keluhan dan saran saya sebagai warga Jawa Tengah. Sebelumnya saya disekitar pertengahan bulan April 2025 membayar pajak 5 tahunan bersamaan dengan balik nama BPKB. Jarak rumah saya yang cukup jauh dengan samsat majenang mengharuskan saya untuk berangkat cukup pagi waktu itu (1 jam). Sesampainya disamsat Majenang tahap yang dilakukan yaitu cek no rangka dan saya cukup beruntung walaupun mendapat no 60 tetapi di siang itu sudah ada sekitar 180 an antrian saat saya selesai cek no rangka. Saran saya untuk ruang tunggu mungkin bisa lebih di akomodir lagi karena sangat sedikit tempat layak untuk menunggu di saat cek rangka. Singkat cerita setelah cek rangka sudah selesai di sekitar pukul 10.00 saya menyerahkan berkas ke petugas yang ada di lantai 2, kemudian berkas saya di cek oleh petugas dan diterima ya karena memang sudah lengkap, tetapi petugas mengatakan waktu itu “tunggu aja ya mas, atau kalo ngga nanti balik saja kesini pukul 4 sore” saya tidak ada dikasih antrian ataupun kejelasan lain selain keterangan petugas tsb. Kemudian karena saya rumahnya cukup jauh dari samsat kemudian saya memutuskan untuk pergi ke cofee shop untuk mengerjakan pekerjaan dibandingkan harus memakan waktu dan tenaga lagi saat pulang. Dipukul 4 sore kemudian saya balik ke samsat lagi untuk harapannya sudah beres, tetapi saat saya tanya kembali ke petugas yang menerima berkas saya, jawaban ya hanya “tunggu aja mas sambil duduk, nanti bakalan di panggil” padahal disore itu masih cukup banyak orang yang masih menunggu, kemudian saat saya tanyakan ke orang2 yang menunggu di lantai 2 dengan urusan yang sama (balik nama + bayar pajak), orang orang tersebut ternyata mengeluhkan yang sama seperti saya yang dari awal hanya di suruh menunggu-menunggu saja tanpa ada kepastian, bahkan banyak juga yang mem follup ke petugas terkait perkembangan berkasnya sudah selesai atau belum. Bahkan di sore itu ada beberapa orang juga yang ternyata sudah dari hari sebelumnya dan di janjikan di hari itu tetapi katanya suruh kembali lagi dihari keesokannya lagi sampai sore itu masih belum kelar juga. Singkat cerita sudah pukul 7 malam tetapi di ruang itu dengan masalah yang sama sepwrti saya masih ada sekitar 25 orang yang masih menunggu tetapi petugas disana terlihat sangat cuek akan keluhan kami. Petugqs nampak terlihat mengerjakan sesuatu tetapi tampak tidak ter struktur karena jika berpatokan dari nomer antrian pada saat di cek rangka ada orang yang dg nomer antrian akhir tetapi selesai di hari itu tetapi bangak juga bahkan yang nomer antrian awal malah belum selesai dimalam itu bahkan sampai di kemudian harinya lagi. Mohon untuk di evaluasi prosedur kerjanya, sehingga kita juga tau berkas kita sudah mana dan masih berapa lama lagi, karena di samsat tidak ada nomer antrian sama sekali untuk urusan BPKB, memang waktu itu ada program pemutihan tetapi sudah se yogyanya pelayanan juga harus tetap diuatamakan, kita ibaratnya masyarakatnya di samsat itu MEMBAYAR bukan MEMINTA, seperti itu saja kami masih merasa dipersulit. Mohon pak bupati bisa menangani masalah ini ataupun meneruskan masalah ini ke pihak yang tepat, jika masih ragu bisa datang langsung ke lapangan atau hal yang paling gampang adalah cek diulasan google maps. Jateng pasti bisa maju jika hal-hal kecil seperti ini bisa dibenahi!
0 Orang Menandai Aduan Ini
Disposisi
Senin, 19 Mei 2025 - 13:44 WIB
Admin Gubernuran
Verifikasi
Senin, 19 Mei 2025 - 15:20 WIB
BADAN PENGELOLA PENDAPATAN DAERAH
Laporan kami terima
Progress
Senin, 19 Mei 2025 - 15:20 WIB
BADAN PENGELOLA PENDAPATAN DAERAH
Laporan kami terima
Selesai
Rabu, 21 Mei 2025 - 07:54 WIB
BADAN PENGELOLA PENDAPATAN DAERAH
Selamat pagi kak, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan pelayanan kami. Terlampir kami sampaikan jawaban klarifikasi dari UPPD Kabupaten Cilacap.