Dengan hormat,Saya ingin menyampaikan pengaduan terkait pelayanan di Poli Gigi Puskesmas Plantungan yang kerabat saya alami dalam beberapa waktu terakhir.
- Pada kunjungan pertama, kerabat saya bermaksud melakukan tindakan penambalan gigi. Namun petugas menyampaikan bahwa bahan tambal habis, dan kerabat saya diminta menunggu hingga bulan berikutnya.
- Setelah kerabat saya datang kembali sesuai anjuran, diberitahu bahwa alat untuk penambalan sedang rusak, sehingga tindakan kembali tidak dapat dilakukan.
- Pada kesempatan lain ketika kerabar saya datang untuk cabut gigi, tindakan yang seharusnya ditanggung oleh BPJS Kesehatan, saya diinformasikan bahwa dokter gigi tidak ada selama satu minggu.
- Selain itu, kerabat saya juga menerima informasi bahwa pasien hanya boleh memeriksakan gigi satu bulan sekali, yang menurut pengetahuan saya tidak sesuai dengan aturan layanan BPJS, karena tidak ada ketentuan pembatasan kunjungan bulanan seperti itu.
- Saya juga ingin menyampaikan bahwa keanggotaan BPJS kerabat saya selalu aktif, namun karena pelayanan di Puskesmas Plantungan beberapa kali tidak bisa dilakukan, kerabat saya terpaksa memeriksakan gigi di Puskesmas Bawang, yang bukan fasilitas kesehatan pertama nya. Akibatnya, dia harus membayar sendiri, padahal semestinya bisa mendapatkan hak pelayanan melalui BPJS di faskes pertama.
Berdasarkan hal-hal tersebut, saya merasa pelayanan di Poli Gigi Puskesmas Plantungan belum berjalan dengan baik dan sangat menyulitkan pasien yang membutuhkan perawatan. Oleh karena itu, saya berharap pihak terkait dapat:
- Mengklarifikasi ketersediaan bahan dan fungsi alat,
- Memastikan tenaga kesehatan hadir sesuai jadwal,
- Mengklarifikasi ketersediaan bahan dan fungsi alat,
- Memastikan tenaga kesehatan hadir sesuai jadwal,
- Meluruskan informasi terkait aturan kunjungan BPJS,
- Serta memperbaiki kualitas pelayanan agar pasien mendapatkan haknya secara layak.
Demikian aduan ini saya sampaikan. Besar harapan saya untuk mendapatkan tindak lanjut dan perbaikan pelayanan ke depannya.Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,Bella