Detail Aduan
Rincian Aduan : LGWA36535040
KOTA SEMARANG, 19 Feb 2023
Alamat: Kabupaten/Kota semarang, Kecamatan semarang tengah, Kelurahan miroto.
Laporan : mohon maaf mengganggu Bapak saya akan menyampaikan keluhan mungkin ini berlebihan tapi saya butuh keadilan,saya ada rumah peninggalan almarhum suami saya di batan timur 5 nomer 6 Miroto Semarang tengah.tahun 2020 di kontrak selesai bulan Oktober 2022, posisi bulan itu sudah kosong tapi ketika saya bayar listrik bulan November tagihan listrik di atas 300 ribu.saya kemudian tanya ke bagian pengecekan meteran listrik beliau menjawab saya sudah melaporkan ke atasan saya kalo rumah ibu sudah kosong dari bulan Oktober,saya ngomong ke beliau kenapa sudah laporan tagihan listrik saya masih di atas 300 ribu.bapaknya jawab yang bulan ini di bayar aja Bu nanti bulan berikutnya ibu hanya bayar abodem aja,saya ikuti sarannya bulan November saya bayar di atas 300 ribu.kemudian bulan Desember saya bayar ternyata betul hanya 83 ribu lanjut bulan Januari saya bayar masih tetep 83 ribu.dan ini bulan Februari saya ke Alfamart mau bayar tagihan listrik ternyata muncul angka di atas 300 ribu lagi,saya kaget 2 bulan sebelumnya sudah di angka 83 ribu kenapa di bulan ini muncul angka 300 ribu lebih dan rumah itu betul2 posisi kosong karena saya tidak sanggup untuk merenovasi.saya lapor ke bagian pengecekan meteran, beliau menjawab saya sudah melaporkan ke atasan saya kalo itu rumah kosong kalaupun itu muncul angka 300 ribu lebih bukan salah saya tapi kesalahan dari pihak atasan saya bagian pengolahan data,saya di beri nomer atasan beliau ketika saya telp beliau menjawab saya tetep harus bayar tagihan bulan februari ini 300 ribu lebih nanti bulan berikut2nya hanya bayar abodem saja.saya jawab kemarin bulan November saya di seperti itukan,hanya 2 bulan tagihan itu normal 83 ribu dan sekarang muncul 300 ribu lebih.alasan atasan itu karena tidak ada laporan dari bagian pengecekan meteran,kalo tidak ada laporan kenapa 2 bulan sebelumnya tagihan sudah normal,saya jawab apapun beliau tetep minta saya bayar 300 ribu lebih.kemudian saya hubungi bagian pengecekan meteran, beliau marah2 ke saya,ini bukan salah saya,ini yang salah atasan saya bagian pengolahan data,orang saya sudah laporan terus kalo itu rumah kosong.sekarang begini aja Bu,ibu ganti meteran pulsa aja bikin ribet aja.saya kaget pak di seperti itukan,saya tidak menyalahkan panjenengan bagian pengecekan meteran tapi kenapa harus berulang di seperti inikan terus saya,wajar kan kalo saya protes mengeluh,kalo saya ada uang pun saya akan bayar,saya betul2 tidak ada uang pak, untuk menghidupi anak dua sendirian itu sudah berat,saya minta tolong lah jangan seperti ini terus.saya hanya ngomong seperti itu beliau marah2 ke saya katanya silahkan mau lapor ke siapapun ke walikota atau ke gubernur.saya mohon bantuannya pak,dan sampai hari ini tagihannya belum bisa saya bayarkan.
Matursembah nuwun Bapak 🙏
0 Orang Menandai Aduan Ini
Disposisi
Minggu, 19 Februari 2023 - 09:16 WIB
Admin Gubernuran
Verifikasi
Senin, 20 Februari 2023 - 08:29 WIB
DINAS ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL
laporan diterima
Progress
Jumat, 03 Maret 2023 - 08:52 WIB
DINAS ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL
laporan diterima
Progress
Minggu, 12 Maret 2023 - 13:32 WIB
DINAS ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL
Menindaklanjuti aduan dapat kami sampaikan informasi sebagai berikut :
1.Pelapor menginformasikan adanya surat tagihan listrik Daya 1300 VA sistem pascabayar yang tidak sesuai pemakaian karena bangunan/rumah kosong.
2. Dari PLN menjelaskan hal itu terjadi karena petugas tidak bisa mengakses kWh meter untuk membaca stand. Utk bulan Januari diberikan pemakaian rata-rata sehingga di bulan Februari 2023 terbit tagihan Rp 300.xxx,-
3. Telah dilakukan koordinasi dengan pelapor. Pelapor membayar tagihan untuk bulan Februari 2023, dan berharap agar kejadian tidak terulang kembali sehingga tagihan sesuai dengan penggunaan listriknya. Adapun PLN telah menjelaskan dan meminta akses untuk membaca kWh meter kepada yang bersangkutan sekaligus minta ijin apabila tidak ada orang pada hari baca, diberikan ijin melompati pagar dengan tetap mengetahui RT atau tetangga setempat.
4. Terakhir kami berpesan agar jika ada masalah listrik dapat menghubungi PLN 123 terlebih dahulu.
Selesai
Minggu, 12 Maret 2023 - 13:32 WIB
DINAS ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL
demikian informasi yang dapat kami sampaikan
terima kasih