Rincian Aduan : LGWA31983429

Selesai Public

KABUPATEN MAGELANG, 11 Feb 2023

Alamat: Kabupaten/Kota KAB.MAGELANG, Kecamatan CANDIMULYO, Kelurahan TRENTEN.
Laporan : KELUH KESAH TENTANG PELAYANAN DI PUSKESMAS di wilayah Kab. Magelang, Yth. H. Ganjar Pranowo, S.H., M.IP. Gubernur Jawa Tengah Kepala Dinas Kesehatan Prov. Jateng Kepala Dinas Kesehatan Kab. Magelang. Seluruh Kepala UPT Puskesmas se- Kab.Magelang. Izin cerita tentang keluh kesah pelayanan kesehatan masyarakat, sebenarnya tujuan di dirikan puskesmas buat apa? Untuk pelayanan kesehatan masyarakat begitu kan bapak/ibu pejabat yg kami hormati. Kemudian bagaimana jika puskesmas yang namanya saja *PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT* apanya yg di namakan Pusat Kesehatan? Kalau pelayanan kurang maksimal. Izin bertanya sebenarnya jam brp pelayanan pendaftaran di puskesmas sebenarnya? Tadi hari ini sabtu 11 Feb 23 saya ngecek ke lapangan langsung datang ke puskesmas candimulyo pendaftaran tutup pukul 10.00 WIB, lalu yg kedua, datang ke puskesmas mungkid blabak pendaftaran tutup pukul 10.30 WIB. Kenapa waktu batas pendaftaran kok berbeda antara puskesmas yg satu dengan yg lain. Terus kenapa namanya saja PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT tapi pelayanan pendaftaran pukul 10.00 sudah tutup, iya saya tau setelah itu mungkin untuk pelaporan ke online ke pihak tertentu BPJS KESEHATAN misalnya. Tapi liat kembali bpk/ibu apa fungsi dan kewajiban puskesmas utk melayani masyarakat khususnya menengah ke bawah, kalau pelayanan nya saja terganggu oleh waktu di kejar² waktu. Kenapa puskesmas tidak di buka/melayani sampai pukul 16.00 atau tdk pendaftaran di tutup 1 jam sebelum pelayanan tutup. Pasti nanti di jawab pelayanan UGD 24 JAM KOK, iya saya paham kalau UGD buka 24 jam ngapain ada namanya puskesmas tp pelayanan nya saja tdk maksimal. Lebih baik tdk usah ada puskesmas biar langsung di UGD d RS tipe D. Kami mohon kepada bpk/ibu Kepala Dinas kesehatan Prov. Jateng agar bisa menjadikan bahan evaluasi semoga pelayanan di bidang kesehatan di perbarui dan bisa membantu masyarakat jateng, mungkin ini salah satu dan banyak uneg2 dari kami warga jateng. *Kesimpulannya :* sebaiknya penamaan puskesmas (PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT) di ganti menjadi Klinik Kesehatan Masyarakat, sebab utk apa namanya PUSAT jika pelayanan masih perhitungan dengan waktu, apa iya orang sakit harus menunggu dan mengikuti aturan/jadwal Klinik Kesehatan Masyarakat uppsss, ehhh PUSKESMAS maksudnya. Saran/solusi : mungkin bisa memakai shift kerja utk tenaga kesehatan puskesmas, Shift 1 : 07.30 - 12.30 shift 2 : 12.30 - 16.00 misaaalnya. Sekian kritik & saran banyak & kurangnya kami mohon maklum dan maaf, Uneg-uneg ini membuat bapak/ibu pejabat jadi berfikir. Terima Kasih JAzakallahu Khair

0 Orang Menandai Aduan Ini

Disposisi

Sabtu, 11 Februari 2023 - 20:37 WIB

Admin Gubernuran

Laporan telah diteruskan ke Kabupaten Magelang

Verifikasi

Selasa, 14 Februari 2023 - 11:16 WIB

Kabupaten Magelang

Terima kasih atas laporan saudara, segera kami koordinasikan dengan tim teknis yang membidangi

Progress

Selasa, 14 Februari 2023 - 11:17 WIB

Kabupaten Magelang

Laporan saudara sudah terdisposisi ke Dinkes sebagai instansi yang membidangi.

terima kasih


Selesai

Senin, 20 Februari 2023 - 08:48 WIB

Kabupaten Magelang

Menanggapi laporan saudara kami ucapkan terimkasih atas kritik dan sarannya yang disampaikan, mohon maaf bila pelayanan yang diberikan Puskesmas kurang memuaskan. Kami mohon ijin menjelaskan bahwa Puskesmas merupakan unit pelayanan teknis dari Dinas Kesehatan yang merupakan perwakilan terdepan dalam melayani masyarakat di bidang kesehatan sesuai dengan jam kerja ASN dengan aturan sebagai berikut : pendaftaran pasien hari Senin-Kamis 07.30-11.00, hari Jum’at jam 07.30-10.00 dan hari Sabtu jam 07.30-10.30. Jam pendaftaran berbeda dengan jam kerja ASN dikarena setelah pelayanan petugas masih harus menyelesaikan tugas administrasi, laporan dan tugas-tugas terintegrasi lainnya. Namun untuk pelayanan pasien tetap akan dilayani sesuai jam kerja ASN di Puskesmas. Demikian penjelasan yang dapat kami berikan semoga kedepannya pelayanan di Puskesmas dapat lebih baik lagi. Terima kasih