Kamis, 02 Juni 2022 - 07:55 WIB
DINAS KESEHATAN
Dinas Kesehatan kab CIlacap telah memanggil Kepala Puskesmas Cipari untuk dimintai keterangan dan dilakukan Pembinaan dengan hasil sebagai berikut :
1. Kepala Puskesmas telah memanggil bidan yang bersangkutan untuk memberikan teguran dan pembinaan agar tidak mengulangi kejadian tersebut. Selain dilakukan teguran dan pembinaan secara langsung, Kepala Puskesmas melakukan pengawasan langsung Kepada Bidan yang bersangkutan serta mengingatkan dalam pertemuan-pertemuan yang dilakukan.
2. Konfirmasi dari bidan yang bersangkutan terkait pembuatan Akte, merupakan tawaran jasa dari oknum pihak ketiga diluar Puskesamas untuk membantu menguruskan pembuatan Akte dan bukan pelayanan yang diberikan oleh Pihak Puskesmas.
3. Pelayanan vaksin yang dilakukan sudah sesuai dengan ketentuan baik prioritas sasaran vaksin dan pelaksanaan vaksin. Terkait kesulitan warga mendapatkan vaksin telah dilakukan langkah - langkah sbb : sejak Bulan Agustus 2021 Puskesmas Cipari bekerjasama dengan Klinik Bhayangkara Cilacap dan Klinik Rumkitban CIlacap untuk melaksanakan pelayanan vaksin massal. Bulan November 2021 Puskesmas Cipari semakin mendekatkan pelayanan vaksinasi dengan melaksanakan mobile vaksin/ door to door di setiap Desa. Pelayanan Vaksinasi tersedia di Gerai Vaksin Puskesmas yang buka dari Senin - Jum’at, pada saat kegiatan Posyandu Balita, Posyandu Lansia, Rumah Bidan Desa setempat, Samsat Keliling, Pelaksanaan Imunisasi Bayi Puskesmas, Balaidesa maupun di Pustu. Saat Bulan Ramadhan Puskesmas Cipari juga gencar melakukan pelayanan Vaksin di Masjid/ Mushola pada saat tarawih sesuai jadwal di desa setempat sehingga Puskesmas Cipari berupaya untuk mempermudah masyarakat untuk mendapatkan vaksin.
Apabila masyarakat harus dialihkan untuk mencari vaksin ke Rumah Sakit Swasta atau Puskesmas lain terkait dengan pelaksanaan vaksin dosis kesatu terjadi karena kuota vaksin terbatas dan kemampuan dalam melayani masih terbatas, apabila dosis kedua sebelumnya direkomendasikan untuk pelaksanaan vaksin homolog sehingga diarahkan untuk menuju tempat vaksinasi yang tersedia vaksin tersebut. Kemudian terkait Petugas yang terlihat galak dan tidak ramah, kami memohon maaf atas gestur atau sikap dari Petugas tersebut dan telah kami lakukan pembinaan.