Detail Aduan
Rincian Aduan : LGWP15284295
KOTA SEMARANG, 30 Jan 2021
Assalamu'alaikum pak Gub yang terhormat. Ijin berbagai pengalaman terkait kebijakan bahwa kendaraan roda 4 dg awalan 8/9 wajib ganti nomor baru di SAMSAT SMG 3 Hari Sabtu pagi kurleb jam 8 saya sampai Samsat Semarang 3 berniat membayar pajak 5 tahunan dg proses yg saya ikuti semua. Hanya sedikit terkejut dg adanya kebijakan ganti nomor tsb, Krn menurut saya proses utk menaati hal tsb perlu diperbaiki lagi di pelayanan Samsat. Hal ini berdampak bahwa masyarakat dirugikan secara waktu dan biaya. Rugi waktu Krn pasti membutuhkan waktu yg lebih lama sampai plat jadi pdhl bisa utk hal produktif lain. Rugi Biaya sudah jelas Krn harus riwa-riwi ke kantor BPKB di lamper. Berikut pengalaman saya: Proses: Start jam 8 1. Cek fisik mobil, lanjut pengesahan di loket samsat 2. Fotocopy BPKB, ktp, pajak, dll sekalian beli map 2 bh 3. Minta formulir pengurusan pajak STNK di loket samping 4. Ambil tiket pendaftaran ke loket pendaftaran, diproses dan baru diinfokan bahwa perlu ganti nomor plat kendaraan disuruh ke kantor pelayanan BPKB di daerah Lamper. Berkas di suruh bawa. Disini sy mulai bertanya.. apa tidak ada cara yg lebih efisien dlm masalah ini?? Selesai jam 8.30 5. Ke kantor pelayanan BPKB di jl. lamper sari utk mendaftar nopol baru dan BPKB baru dpt resi kuning, butuh waktu perjalanan kurleb 30 menit (Krn hujan) Kembali ke Samsat Hanoman jam 9.55, waktu sudah habis di perjalanan pulang pergi. 6. Resi kuning di fotocopi 7. Minta Pengesahan resi kuning di loket mutasi masuk (kok begini apalagi sdh difotokopi dan berkas jadi satu) 8. Geser ke loket samping kiri (tulisannya pengambilan arsip) tidak tahu di cek".. 9. Kembali ke loket 1 pendaftaran di cek lagi.. 10. Disuruh Ke kasir menyerahkan berkas menunggu panggilan (ini yg paling lama - nomer antrian ga fungsi, jadi nunggu nama dipanggil, suara ga jelas Krn ga pakai mic), sempat eyel"an sama petugas malah disalahkan..alasannya td sudah dipanggil.. hufff..) sabar. Sepertinya ini ptgs bank Jat*** 11. Bayar PNBP ke loket bank BRI 12. Loket 2, pengambilan STNK dan pajak 13. Menunggu sebentar utk ambil plat baru Done 11.10 Jadi butuh waktu sekitar 3 jam lebih, dari biasanya Maks 1 jam utk pelayanan pajak 5 tahunan. Minggu depan masih ke kantor BPKB lamper sari lagi ambil bpkb. Pak Gub, yg terhormat kalau memang itu kebijakan yang baik maka harusnya bukan malah membuat masyarakat repot / rugi (waktu, biaya). Ini saya mau bayar pajak pak, bukan meminta sumbangan. Secara nominal juga lumayan besar menurut saya (fyi 8 jutaan). Harusnya dipermudah, dipersingkat, dibuat nyaman, dab. Saya tdk mempermasalahkan dg kebijakan tsb atau nominal pajak. Namun apakah tidak bisa dibuat mekanisme pelayanan yg lebih efisien lagi ttg hal tsb? Matur nuwun pak. Mohon maaf sebelumnya, Semoga sehat selalu. Amiin.
Disposisi
Sabtu, 30 Januari 2021 - 13:23 WIB
Verifikasi
Senin, 01 Februari 2021 - 08:22 WIB
BADAN PENGELOLA PENDAPATAN DAERAH
Progress
Senin, 01 Februari 2021 - 08:23 WIB
BADAN PENGELOLA PENDAPATAN DAERAH
Selesai
Senin, 01 Februari 2021 - 09:21 WIB
BADAN PENGELOLA PENDAPATAN DAERAH